Desain Mold & Tooling Dengan CATIA 3DEXPERIENCE

Industri part plastik seperti aksesoris interior dan exterior mobil dan motor memiliki tantangan tersendiri dalam proses injeksi material plastik.


Salah satu aspek yang sangat krusial dalam industri ini adalah pembuatan mold dan tooling untuk pembuatan part plastik tersebut. Proses desain dari mold dan tooling ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena memperhitungkan banyak hal seperti kompleksitas produk atau part plastiknya, ukuran mold, proses injeksi material, dan juga proses manufaktur dari mold itu sendiri. Dari hal-hal tersebut, engineer membutuhkan design tool yang bukan hanya memiliki kemampuan untuk modeling saja tetapi juga memiliki kemampuan untuk melakukan analisa awal untuk mempermudah dan mempercepat proses iterasi untuk validasi desain.

CATIA 3DEXPERIENCE dari Dassault Systemes menawarkan solusi untuk dapat mempersingkat design time mold tooling ini. Dengan perbaruan yang cukup banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya, CATIA 3DEXPERIENCE ini memiliki kemampuan modeling yang diperuntukan untuk mempersiapkan part yang akan diinjeksi, pembuatan mold structure, analisa awal proses injeksi, dan juga simulasi mekanisme clamping dan ejection. Selain itu dalam hal library accessories, CATIA 3DEXPERIENCE memiliki fasilitas Smart Components untuk pembuatan tool library sehingga tool accessories dapat disusun dengan part-part lain dalam mold structure tanpa adanya interferensi/ clash antar komponen.

Proses pembuatan mold structure menggunakan CATIA 3DEXPERIENCE Mold & Tooling Designer ini ada 10 tahap yang mencakup proses pembuatan library accessories, persiapan part injeksi, sampai ke analisa dan simulasi. Bagi pengguna yang memiliki part library sendiri atau pun biasa menggunakan tool accessories yang ada di CATIA V5, dapat mengimpor part tersebut ke dalam CATIA 3DEXPERIENCE ini melalui fasilitas Smart Components sehingga part memiliki kemampuan untuk drilling (remove solid) terhadap part lain terutama mold plate. Langkah berikutnya, part yang diinjeksi dapat dipersiapkan untuk pembuatan core dan cavity melalui Core Cavity Separation untuk memisahkan permukaan core, cavity, dan juga slider. Pembuatan mold detail design atau mold structure dapat dengan mudah dilakukan melalui Mold Tooling Design app dimana part yang disusun sudah memiliki referensi penempatan dalam ruang assembly (skeleton system) untuk mempermudah pengguna. Selain penambahan accessories tooling, fitur lain seperti cooling channel, gate, dan runner juga dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna. Analisa awal (preliminary analysis) untuk interferensi dan juga proses injeksi material dapat dilkakukan dengan mudah melalui Plastic Part Filling apps untuk mengetahui fenomena injeksi material dan juga proses cooling dari part injeksi. Dengan analisa awal ini maka analisa detail nantinya akan lebih cepat karena mengurangi jumlah iterasi dan validasi pada tahap tersebut. Simulasi kinematik juga dapat dilakukan untuk mengecek interferensi pada mekanisme mold ketika melakukan clamping dan juga ejection.

Kentungan CATIA 3DEXPERIENCE Mold Tooling Design ini yaitu:

• solusi terintegrasi untuk mold design mulai dari design sampai validasi manufaktur
• akses ke analisa Plastic injection menggunakan environment yang sama dengan mold designer
• otomasi langkah desain dan panduan decision-making
• memenuhi standar manufaktur
• menyimpan dan menggunakan ulang company know-how
• memudahkan kolaborasi online untuk engineering
• mengurangi waktu design change dengan automatic update


Share This Post: